Pembagian era Perkembangan Sotware

19 10 2009

Nama : Meigy Syarifudin
NPM : 065109233

Tugas Praktek PIK (Pengantar Ilmu Komputer)
Tentang Pembagian era Perkembangan Sotware
Pengenalan Software

A. Defenisi Software
Hampir seluruh aspek kehidupan manusia saat ini tidak dapat dilepaskan dari teknologi, khususnya teknologi komputer. Dapat dilihat bahwa untuk menuliskan suatu dokumen, orang cenderung sudah meninggalkan mesin ketik manual dan sudah digantikan perannya oleh komputer. Kasir di suatu pertokoan besar (supermarket) sudah menggunakan peralatan otomatis berupa komputer yang didesain khusus untuk keperluan itu. Kumpulan lagu-lagu yang sebelumnya hanya dapat didengarkan melalui media kaset atau piringan hitam, saat ini sudah mulai dikemas dalam bentuk compact disk (CD) yang dapat didengarkan dengan menggunakan komputer multimedia. Belum lagi perkembangan teknologi komputer di bidang kesehatan yang maju dengan sangat pesat untuk membantu diagnosa penyakit dan proses penyembuahnnya. Dan masih banyak lagi bidang-bidang kehidupan manusia yang saat ini sudah menggunakan peralatan komputer.
Komputer merupakan mesin yang memproses fakta atau data menjadi informasi. Komputer digunakan orang untuk meningkatkan hasil kerja dan memecahkan berbagai masalah. Yang menjadi pemroses data atau pemecah masalah itu adalah perangkat lunak.
Kata Komputer berasal dari bahasa Yunani Computare yang berarti memperhitungkan atau menggabungkan bersama-sama. Kata com berarti menggabungkan dalam pikiran atau secara mental, sedangkan putare berarti memikirkan, perhitungan atau penggabungan. Dalam bahasa Inggris To Compute artinya menghitung.
Secara umum, komputer dapat diartikan sebagai “suatu perangkat elektronik atau sekumpulan perangkat elektronik yang bekerja secara otomatis, terintegrasi dan terkoordinasi yang dapat melakukan tugas-tugas tertentu (misalnya menerima, menyimpan, mengolah dan menyajikan data), dikendalikan serta dikontrol oleh instruksi atau program yang tersimpan di dalamnya (mesin)”.
Menurut pengertian di atas, komputer terdiri dari sekumpulan perangkat serta instruksi atau program yang dalam kenyataannya satu sama lain tidak bisa dipisahkan, baik di antara perangkat (mesin) itu sendiri maupun antara mesin dengan instruksi atau program. Semuanya merupakan kesatuan yang saling bekerja sama dan saling tergantung satu sama lain. Karena itu komputer juga merupakan suatu sistem.
Untuk menjalankan sebuah komputer, diperlukan sebuah sistem yang dapat mengatur/ mengontrol kegiatan perangkat keras (hardware) komputer serta berfungsi sebagai pengeksekusi perintah komputer. Sistem yang terintegrasi ini disebut software.
Adapaun Software (perangkat lunak) adalah komponen-komponen berupa program-program atau instruksi-instruksi yang digunakan untuk menjalankan suatu operasi tertentu atau untuk mengontrol sistem kerja komputer. Pada umumnya istilah software menyatakan cara-cara yang menghasilkan hubungan yang lebih efisien antara manusia dan mesin komputer.
Software adalah rangkaian instruksi elektronik yang memerintahkan komputer untuk melakukan tugas tertentu sesuai dengan perintah yang di berikan oleh seorang pengguna komputer. Rangkaian instruksi itu disebut dengan ”program”. Software juga dikenal dengan sebutan “perangkat atau piranti lunak komputer”.
Dengan demikian, fungsi dari software komputer adalah:
• Membuat semua peralatan yang ada dalam seperangkat komputer dapat bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing.
• Sebagai sistem operasi untuk perangkat elektronik yang menggunakan basis sistem komputer.
• Sebagai media penghubung antara komputer dan pengguna agar terjadi kerjasama yang menghasilkan output sesuai keinginan pengguna komputer.

B. Perkembangan Software
Dari perkembangan perangkat lunak, kita bisa membayangkan bagaimana perkembangan interaksi manusia dengan perangkat lunak.
Bentuk paling primitif dari perangkat lunak, menggunakan aljabar Boolean, yang direpresentasikan sebagai binary digit (bit), yaitu 1 (benar / on) atau 0 (salah / off). Cara ini jelas sangat menyulitkan, sehingga orang mulai mengelompokkan bit tersebut menjadi nible (4 bit), byte (8 bit), word (2 byte), double word (32 bit).
Kelompok-kelompok bit ini disusun ke dalam struktur instruksi seperti penyimpanan, transfer, operasi aritmatika, operasi logika, dan bentuk bit ini di ubah menjadi kode-kode yang di kenal sebagai assembler. Kode-kode mesin sendiri masih cukup menyulitkan karena tuntutan untuk dapat menghapal kode tersebut dan format (aturan) penulisannya yang cukup membingungkan, dari masalah ini kemudian lahir bahasa pemrograman tingkat tinggi yang seperti bahasa manusia (bahasa Inggris). Saat ini pembuatan perangkat lunak sudah menjadi suatu proses produksi yang sangat kompleks, dengan urutan proses yang panjang dengan melibatkan puluhan bahkan ratusan orang dalam pembuatannya.
Seperti halnya komputer, software juga mengalami perkembangan dari masa ke masa. Hal ini dapat dilihat dengan semakin berkembangnya software- software komputer dan bermunculannya software- software terbaru yang lebih sempurna dari software- software sejenis yang keluar sebelumnya. Adapun era perkembangan software dapat dibagi atas:
1. ERA POINTER ( 1950-1960 )
Bentuk perangkat lunak pada awalnya berupa sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer. Antara lain :
a. Prosses batch
b. Distribusi terbatas
c. Pembuatan khusus

2. ERA STABIL ( 1960-1980 )
Komputer sudah banyak digunakan dan hanya terjangkau oleh kalangan industri dan perusahan yang membawa pengaruh terhadap perkembangan perangkat lunak. Multitasking dan multiuser sudah banyak dikenal juga sistem basis data. Pada era itu antara lain :
a. Multitasking dan multiuser
b. Realtime ( bekerja dengan cepat )
c. Program database
3. ERA MICRO ( 1980-1990 )
Perangkat lunak pada era ini sudah berkembang untuk memenuhi kebutuhan individu. Dan harganyapun sudah terjangkau oleh individu. Perangkat lunak dapat dibedakan menjadi perangkat luak sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang digunakan secara langsung oleh penggunanya untuk keperluan tertentu. Perangkat lunak pada era ini mengalami perkembangan proses berikut :
a. Sistem mulai tersebar kebeberapa kalangan masyarakat.
b. Software mengalami kecerdasan yang mempermudah penggunanya.
c. Harga setiap software mulai terjangkau oleh individu.
4. ERA MODERN ( 2000-tanpa batas )
Era modern merupakan era bangkitnya software dengan interface yang lebih familiar dengan penggunanya dan sudah tersebar ke semua peralatan yang sering digunakan pada masyarakat. Tingkat kecerdasan yang ditunjukan oleh perangkat lunakpun semakin meningkat. Selain masalah teknik, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal suara, gambar, dan video. Kecerdasan perangkat lunak pada era ini membuat proses perkembanngannya semakin luas menjadi :
a. Media perantara untuk jaringan PC
b. Media perantara atau penghubung antara seperangkat elektronik yang berbeda.
c. Graphical user interface ( GUI ) yang semakin mempermudah user dalam penggunaan.
d. Media pembantu dalam menyelesaikan tugas pekerjaan penggunanya.
Saat ini tingkat pemrosesan yang di kerjakan perangkat lunak telah berubah dari machine-like menjadi seperti human-like. Di dalam teori informasi, di susun hirarki informasi, mulai dari data/ fakta, kemudian setelah proses seleksi dan pengurutan menjadi sesuatu yang berguna menjadi informasi. Informasi yang di susun secara sistematis dengan suatu alur logika tertentu menjadi knowledge. Dan pada akhirnya gabungan knowledge yang di gabung dari berbagai sisi guna membangun wisdom.
Data yang di proses pun telah banyak berubah, yang semula hanya berupa data bilangan dan karakter merambah ke audio visual (bunyi, suara, gambar, film). Sejauh perkembangan hingga saat ini, seluruh proses menggunakan format data digital dengan satuan bit (binary digit).

BAB II
PENGELOMPOKAN SOFTWARE

A.Pengelompokan Berdasarkan Fungsi dan Kinerja
1. Software Sistem Operasi
Dalam Ilmu komputer, sistem operasi atau dalam bahasa Inggris operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.
Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan “kernel” suatu Sistem Operasi. Software ini mempunyai tugas dan fungsi, yaitu :
a. Membaca dan menanggapi perintah-perintah yang diberikan oleh pengguna komputer melalui perangkat input.
b. Mengkoordinasikan aliran informasi di antara perangkat input dan output..
c. Mengatur program-program lain yang dijalankan oleh pengguna komputer.
d. Membawa program dan data yang diberikan oleh pengguna ke memori komputer, dan memastikan bahwa prosesor bekerja dengan benar.

Dalam banyak kasus, Sistem Operasi menyediakan suatu pustaka dari fungsi-fungsi standar, dimana aplikasi lain dapat memanggil fungsi-fungsi itu, sehingga dalam setiap pembuatan program baru, tidak perlu membuat fungsi-fungsi tersebut dari awal.
Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:
• Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
• Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi
• Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna
• Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
Sofware sistem operasi seperti MS-DOS (Microsoft Disk-Operating Sistem) dan Unix, merupakan sistem operasi yang disebut command line interfaces (CLI), artinya menggunakan perintah-perintah yang ditulis dalam baris teks. Jadi dengan sistem operasi model CLI ini kita harus mengetikan perintah perintah di layar monitor.sistem operasi lain yang lebih praktis yaitu menggunakan symbol di layar monitor yang disebut icon. Sistem seperti ini disebut graphical user interfaces (GUI). Misalnya MS- Windows.
Ada sistem operasi yang hanya bisa mengerjakan satu tugas (single tasking) dan ada sistem operasi yang bisa mengerjakan tugas banyak (multitasking). Beberapa software sistem operasi yang terkenal, yaitu DOS (Disk Operating System), versi windows (Windows 3.x, Windows 95, Windows NT, Windows 98, Windows 2000, Windows Mellenium, Windows XP, dan Windows CE), Palm OS, Mac OS, OS/2, UNIX, dan LINUX. Tapi yang paling terkenal di Indonesia yaitu, versi Windows.
Dalam software sistem operasi, terdapat istilah seperti platform, serta CLI dan GUI. Platform yaitu software sistem operasi yang digunakan pada sebuah komputer. Sedangkan perbedaan antara CLI (Command Line Interfaces) dan GUI (Graphical User Interfaces) yaitu, CLI adalah sistem operasi yang menggunakan perintah-perintah yang ditulis dalam baris teks. GUI adalah sistem operasi macsintons yang hanya bisa dihasilkan oleh perusahaan apel komputer.
Adapun perkembangan sistem operasi adalah sebagai berikut:
UNIXØ
Sistem operasi multiuser, multiprosesor dan multitasking yang pertama kali dan tertua yang dugunakan pada PC. Perangkat lunak pendukung yang biasa di pakai dalam sistem operasi berbasis UNIX, misalnya sistem operasi BSD dari Berkeley, Xwindow system dari MIT, dan proyek GNU dari free software foundation.
LINUXØ
Linux sangat mirip dengan sistem unix karena kompatibilitas dengan unix merupakan tujuan utama desain proyek LINUX. Linux bisa didapat dalam berbagai distro yang merupakan bundle kernel LINUX, beserta sistem dasar LINUX, program instalasi, tools basic, dan program lainnya yang bermanfaat sesuai dengan tujuan pembuatan distro. Contoh dari sistem operasi Linux adalah:
• Redhat
• Debian
• Slackware
• suSE
• Mandrake
• Winlinux
DOS (Disk Operating System)Ø
DOS merupakan software sistem operasi untuk PC yang dikembangkan pada awal tahun 1980 oleh Microsoft Corporation. Sistem operas DOS dijalankan melalui disket, sehingga kita harus memasukkan disket DOS ini ke dalam disk drive komputer ketika akan menghidupkan komputer. Karena modelnya command line interface, maka saat ini sistem operasi DOS mulai ditinggalkan, walaupun beberapa pengguna komputer masih menggunakan DOS ini. Pada saat kepopulerannya, diperkirakan DOS ini pernah dipakai pada lebih dari 70 juta komputer di dunia.

Windows 3.xØ
Setelah muncul seri windows 1.0 pada tahun 1985, kemudian windows 2.0 tahun 1987, lalu tahun 1990 seri windows 3.0 yang sangat menakjubkan waktu itu. windows 3.0 kemudian tidak lama diikuti dengan windows 3.1 dan windows 3.11 yang kemudian yang ketiga dikenal dengan windows 3.x merupakan sistem operasi yang bersifat graphical user interface (GUI). Sebenarnya seri windows 3.x ini bukan merupakan sistem operasi, tetapi lebih sebagai operating environment.
Operating environment adalah sebuah tampilan grafis (graphical user interface) yang memudahkan pengguna sistem operasi. Singkatnya, untuk menjalankan windows 3.x ini kita tetap memerlukan sistem operasi DOS. Setelah sistem operasi DOS in aktif, di dalamnya kita mengetikkan perintah tertentu untuk menjalankan windows 3.x tersebut.
Windows NTØ
Pada tahun 1993, Microsoft mengeluarkan windows NT. NT merupakan singkatan dari New Technology. Sistem operasi windows ini dikhususkan untuk komputer yang menangani sistem jaringan (network). Windows NT dikeluarkan untuk menyaingi sistem operasi OS/2 dari IBM yang saat itu banyak digunakan dalam sistem jaringan di perusahaan-perusahaan besar.
Windows 95, 98, dan Millenium EditionØ
Lima tahun kemudian sejak windows 3.x diluncurkan, Microsoft menghadirkan windows 95 atau win 95, yang merupakan operating sistem, bukan operating environmentseperti windows 3.x. berbeda dengan winows 3.x, windows 95 tidak memerlukan DOS untuk bekerja. Walaupunfungsi DOS dan windows 3.x tetap dimasukkan ke dalam paket windows 95 ini.
Kelebihan lain dari windows 95 dibandingkan windows 3.x adalah dalam tampilan grafisnya yang lebih sempurna. Di samping itu, windows 95 juga lebih efisien ketika melakukan multi-tasking (banyak tugas secara serentak) dan mendukung sistem jaringan komputer, termasuk e-mail, fax, dan internet. Teknologi plug and play, yakni kemampuan untuk mengenali berbagai perangkat input dari berbagai merek juga didukung oleh windows 95. windows 95 juga memudahkan pengguna dalam mengatur file karena kemampuannya untuk mengolah file-file dengan nama yang panjang.
Sistem operasi Windows 95, 98, dan Millenium Edition merupakan sistem operasi pertama yang dikeluarkan oleh Microsoft berbasis GUI secara murni. dengan tampilan yang lebih user-friendly dengan tampilan grafis dan warna yang menarik.
Windows 2000 dan XPØ
Merupakan pengembangan jenis sistem operasi windows 98 dan windows NT yang digabungkan menjadi satu paket dengan memiliki tingkat kestabilan sistem dan keamanan yang lebih baik.
Windows VISTAØ
Merupakan pengembangan sistem operasi windows XP yang memiliki GUI serta didukung dengan tambahan aplikasi yang lebih menarik. Oleh karna itu, penggunaan sistem operasi jenis ini harus didukung dengan peralatan hardware yang performa high class. Berikut pembagian jenis windows Vista sesuai dengan fitur yang dimiliki :
• Windows vista Home Basic
• Windows vista Home Premium
• Windows vista Business
• Windows vista Enterprise
• Windows vista Ultimate
• Windows vista Starter
2. Software Aplikasi
Software aplikasi ialah program-program komputer yang digunakan untuk melakukan tugas-tugas yang lebih spesifik. Misalnya untuk menggambar, mencetak foto, pendidikan, untuk hiburan, dan lain lain. Berdasarkan jenis dan tugasnya, software aplikasi dapat dibedakan menjadi :
a. Software Grafis
Software Grafis yaitu software yang digunakan untuk menggambar dan mengolah gambar (grafis), contoh corel draw, photoshop, freehand dll.

b. Software Multimedia
Software Multimedia yaitu software yang digunakan untuk keperluan multimedia, seperti mempresentasikan/ menyampaikan informasi dengan tulisan, animasi, audio, dan video. Contoh Windows Media Player, XingMPEG, Realplayer, Macromedia Flash, dan MS Powerpoint.
c. Software pengolah kata
Software pengolah kata yaitu software yang digunakan untuk melakukan pengetikan naskah, membuat surat, membuat brosur, artikel, dan dokumen lainnya. Contoh, MS Word, Corel Ventura, dan World Perfect.
d. Sofware Pengetikan
Sofware Pengetikan yaitu software yang digunakan secara khusus untuk menggabungkan tulisan dan gambar dalam penerbitan, misal, buku dan majalah. Contoh software DTP antara lain, PageMaker, Abode in Design, dan Quark Express.
e. Software pengolah angka
Software pengolah angka yaitu software yang dipakai mengorganisir dan menyimpan data yang membutuhkan perhitungan. Contoh MS Excel, dan Lotus.
f. Software database
Software database yaitu yang mengorganisir pengumpulan data dan pemrosesannya. Data diorganisasikan dalam struktur data yaitu file, record, field, dan character. Contoh Database, Foxpro, dan MS Access.
g. Software Utility
Software Utility yaitu software yang melakukan tugas-tugas khusus yang berkaitan dengan penanganan kinerja komputer, perangkat input, dan outputnya, serta program lain dalam sebuah komputer. Fungsi yang dilakukan oleh program utility ini antara lain, melihat file (file viewer), men-scan (memeriksa) disk dan merawat sistem, meng-kompress (memadatkan) file, serta mendeteksi dan menghilangkan virus.

Beberapa kelompok software utility yaitu, File Viewer, Disk Scanner, File Compression, dan Antivirus
a. File viewer
Software file viewer adalah program yang dapat menampilkan isi sebuah file. Dalam windows 98 terdapat program yang disebut quick view untuk melihat isi file teks dan imaging preview untuk melihat isi file grafik. Contoh file viewer yang berdiri sendiri yaitu ACDsee, Irfan View, dan Thumb Plus
b. Disk scanner
Yang termasuk ke dalam kategori disk scanner yaitu software software yang bisa melakukan satu atau lebih tugas berikut seperti, mendeteksi dan memperbaiki eror pada disket atau hardisk, mencari dan menghapus file-file yang tidak diperlukan oleh sistem operasi, dan mengorganisasikan file-file dalam harddisk
c. File compression
Progam file compression atau kompresi berfungsi untuk memadatkan isi file sehingga ukurannya menjadi lebih kecil, tetapi data dan informasi yang trdapat dalam file tidak berkurang. Contoh, dengan dikompres, sebuah fie yang aslinya berukuran 900 kilobyte, bisa berubah menjadi berukuran 50 kilobyte. Program kompresi yang terkenal adalah WinZi
d. Antivirus
Program antivirus berfungsi untuk mencegah masuknya virus ke komputer sekaligus membersihkan virus yang ada di komputer. Contoh program antivirus antara lain, Norton Antivirus, Kaspersky Antivirus, AVG Antivirus, Antivir Avira Workstation, dan Panda Antivirus.
3. Software Bahasa Pemrograman
Program merupakan sebuah instruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer. Deretan program dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman (language programming), yaitu sebuah software yang berfungsi untuk menerjemahkan bahasa yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke dalam bahasa mesin sehingga dapat dimengerti oleh komputer. Jadi, bahasa program melaksanakan suatu tugas aturan-aturan gramatik untuk memberikan perintah kepada komputer untuk kosa kata yang disebut kumpulan aturan syntax.
Berikut ini yang termasuk dalam bahasa pemrograman :
a. Bahasa mesin / Low-Level Language
Merupakan bahasa pemrograman generasi pertama dan type paling dasar bahasa pemrograman yang terdiri atas kumpulan angka yang dapat digunakan oleh hardware komputer. Untuk jenis hardware yang berbeda, bahasa pemrograman akan digunakan kode mesin yang berbeda juga. Contoh : IBM menggunakan bahasa mesin yang berbeda dengan Apple.
b. Bahasa Assembly / Middle-Level Language
Merupakan bahasa pemrograman generasi kedua yang sedikit lebih mudah digunakan dari pada bahasa mesin. Untuk membuat program aplikasi dengan bahasa assembly, programmer membuat kode yang akan diterjemahkan oleh komputer yang di sebut dengan assembler.
c. Bahasa Tingkat Tinggi / High-Level Language
Pemrogram pada bahasa tingkat tinggi ini lebih powerfull daripada bahasa assembly dan lebih mudah menulis kode programnya. Bahasa jenis ini dibedakan menjadi tiga generasi, yaitu :
Bahasa generasi ketiga / third-generation languages ( 3 GLs )Ø
Merupakan bahasa yang pertama menggunakan frase berbahasa inggris dan mempunyai kemampuan 3GLs portable, yang artinya kode objek dapat dibuat dan diterjemahkan untuk sistem yang berbeda. Bahasa pemrograman yang termasuk 3GLs adalah FORTRAN, COBOL, BASIC, pascal, bahasa C, bahasa C++, java, dan ActiveX.
Bahasa generasi keempat / fourth-generation languages ( 4GLs )Ø
Bahasa pemrograman jenis ini jauh lebih mudah daripada bahasa pemrograman 3GLs karena sudah menggunakan lingkungan berbasis teks atau visual sehingga pengguna komputer bisa menguasai aplikasi ini dengan mudah dan cepat. Bahasa pemrograman yang termasuk dalam bahasa 4GLs adalah Visual basic (VB ) , Visual Age, Authoring environments dan lain-lain.

Bahasa generasi kelima /fifth-generation languages ( 5GLs )Ø
Merupakan bahasa lanjutan atau perkembangan bahasa pemrograman 4GLs yang sudah menggunakan interface visual yang lebih user-friendly. Namun keberadaan bahasa pemrograman jenis 5GLs ini sering menjadi perdebatan pada kalangan programmer yang banyak tidak setuju bahwa generasi ini ada. bahasa 5GLs ini menggunakan artificial intelligence ( AI ) untuk membuat software sehingga 5GLs sulit direalisasikan.
B. Pengelompokan Menurut Cara Memperolehnya
Menurut cara memperolehnya (baca : harga beli dan legalitas), software dapat dibedakan menjadi beberapa jenis.
Jenis pertama adalah freeware. Software yang bersifat freeware dapat digunakan tanpa biaya, namun masih memiliki batasan atas hak cipta pengguna. Maksudnya, meskipun kita menggunakan freeware tersebut kita tidak boleh melanggar hak cipta atas software tersebut, misalnya penggandaan untuk orang lain atau menggunakan software tersebut untuk kepentingan lain. Biasanya freeware didistribusikan tanpa disertai dengan kode program yang bersangkutan. Lalu jika kita tidak perlu membayar, apa tujuan si pembuat freeware? Tujuan yang jelas adalah untuk promosi. Baik itu promosi diri sendiri (untuk programmer perorangan) ataupun promosi produk (untuk developer kelas kakap). Tujuan lain yang mungkin adalah untuk mendapatkan masukan dari pengguna dan ada pula (walaupun jarang ditemui) yang bertujuan untuk membobol sistem seseorang. Beberapa contoh freeware adalah Paint.net, Rocket Dock, Ccleaner, dan masih banyak lagi.
Jenis yang kedua adalah shareware. Shareware adalah software yang dapat digunakan tanpa biaya dalam jangka waktu tertentu. Setelah jangka waktu tersebut selesai, pengguna diberi pilihan, apakah akan melanjutkan menggunakan software tersebut (dengan konsekuensi membayar) atau tidak menggunakan lagi software tersebut. Terkadang pada shareware diberi batasan fitur yang hanya bisa digunakan jika pengguna membeli softwarenya. Seperti freeware, shareware masih dibatasi oleh hak cipta. Tujuan pembuatan shareware cukup jelas, yaitu memberikan contoh hasil jadi software tersebut sebelum dibeli oleh pengguna. Beberapa contoh dari shareware ini misalnya StyleXP, Window Blinds, WinRAR, dan sebagainya.
Ketiga, propietary software. Intinya, propietary software itu hampir sama dengan barang yang bisa kita beli di pasar. Jika kita ingin menggunakannya, kita harus membelinya. Propietary software sangat dibatasi oleh hak cipta. Kita tidak diperkenankan mendistribusikan kembali, mengotak-atik program, dan software ini tidak disertai dengan kode sumber.
Jenis keempat yang mulai populer adalah open source software. Berbeda dengan jenis software sebelumnya, open source software memberikan kebebasan kepada kita untuk menggunakan, mengubah sesuai dengan kebutuhan, dan medistribusikan kembali, baik software aslinya maupun yang telah kita ubah. Biasanya software yang bersifat open source menyertakan kode sumber dalam pendistribusiannya. Tujuan pembuatan open source software biasanya bukan untuk tujuan komersil, namun lebih ke tujuan sosial bagaimana sebuah software bisa bermanfaat bagi para pengguna. Beberapa contoh open source software misalnya Pidgin, qGo, Inkscape, gimp, dan masih banyak lagi.

Karya : Tectom@nia_03

dapat di lihat pada

BLOG : http://www.jhechz.wordpress.com


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: